Cari..

tugas kkpi

Newsletter


contoh newsletter dalam microsoft publisher
Orang-orang yang bergelut di dunia komunikasi khususnya Public Relations pasti sudah tidak asing dengan seluk beluk newsletter. Newsletter merupakan salah satu media internal yang saat ini banyak dimiliki/diproduksi perusahaan/organisasi/lembaga ataupun komunitas lain. Newsletter is report or open letter giving informal or confidential news of interest to a special group or  A circular letter, written or printed for the purpose of disseminating news. Newsletter adalah laporan atau surat terbuka yang memberikan berita informal atau mungkin rahasia yang menarik bagi kelompok khusus, newsletter juga bisa disebut surat edaran, ditulis atau dicetak untuk tujuan menyebarkan berita.
Dalam wikipedia pengertian newsleter adalah merupakan alat komunikasi yang digunakan seorang humas dalam memberikan informasi mengenai perusahaan, baik menyangkut produk yang dihasilkan, orang yang terlibat, serta informasi lain yang dapat membantu publiknya dalam berhubungan dengan urusanbisnisnya.[1] Pengiriman nawala secara teratur memungkinkan pihak yang terkait untuk mengetahui perkembangan informasi dan keadaan dalam perusahaan.[2]
Fungsi newsletter adalah sebagai media untuk:
1. Memotifasi karyawan/anggota perusahaan/organisasi/lembaga/komunitas lainnya untuk meningkatkan kinerjanya
2. Menumbuhkan self of belonging (rasa memiliki) terhadap perusahaan/organisasi/lembaga/komunitas
3. Menjamin arus komunikasi efektif
4. Menampung dan menyampaikan aspirasi anggota
5. Menyampaikan instruksi/informasi dari atasan
6. Menyampaikan pengumuman penting
Ciri-ciri newsletter:
1. Berisi informasi atau berita yang sesuai dengan minat pembacanya (anggota perusahaan/organisasi/lembaga/komunitas lainnya)
2. Mengedepankan human interest
3. Berisi informasi mengenai kegiatan perusahaan/organisasi/lembaga/komunitas lainnya
4. Informasi yang disajikan bersifat ringan (mudah dibaca, mudah dimengerti)
5. Profil pegawai
6. Berupa lembaran, 1 lembar atau 2 lembar
7. Desainnya menarik
8. Banyak foto kegiatan perusahaan/organisasai/ lembaga/ komunitas lainnya
9. Desainnya menarik dan penuh warna
10. Penerbitannya berkala
Rubrikasi (rubrik yang seallu ada dalam setiap edisi)
1. Headline, berupa kegiatan besar yang berlangsung di perusahaan/organisasi/lembaga/komunitas lainnya
2. Profil anggota
3. Tips
4. Foto kegiatan
5. Humor
6. Informasi dari bagian SDM atau Humas
7. Prestasi perusahaan/organisasi/lembaga/komunitas lainnya
Susunan tim redaksi sederhana:
  • Pelindung
  • Pengarah
  • Penanggungjawab
  • Pemimpin redaksi
  • Wakil pemimpin
  • Redaksi
  • Redaktur Pelaksana
  • Editor
  • Layout/Desain
  • Reporter
  • Koresponden
  • Dokumentasi/foto
  • Sirkulasi/distribusi
Tulisan ini bukanlah pemaparan mengenai newsletter yang ideal, melainkan hanyalah penjabaran dari newsletter yang selama ini saya buat, tentu saja masih ada kekurangan dan kesalahan disana-sini. Jadi, mohon pembaca memberi masukan beberapa hal tentang newsletter yang ideal ya….




Pengertian Bulletin Board System (BBS)
Bulletin Board System atau BBS adalah sebuah perangkat lunak yang berbasis komputer yang memperbolehkan orang terlibat dalam suatu diskusi, upload dan download file-file, membuat pengumuman tanpa harus terhubung ke komputer pada saat yang sama. Pada awalnya BBS diakses hanya melalui jaringan kabel telepon menggunakan modem. BBS menjadi komunitas online yang sering digunakan pada awal 80-an dan 90-an sebelum kehadiran teknologi web.
BBS pada awalnya berupa text based sebelum bentuk graphical user interface (GUI) lazim untuk digunakan. Meskipun BBS dalam bentuk web based mempunyai graphical user interface yang lebih interaktif, BBS berbentuk web pada intinya adalah sebuah website yang menggunakan konsep BBS lebih dari sekedar sebuah web server.
Ada banyak cara yang dapat digunakan sebagai media komunikasi, Bulletin board adalah salah satu strategi yang paling efektif. Bulletin board membuka pintu bagi setiap pengguna untuk memegang peranan penting di dalam nya dimana setiap pengguna dapat memulai atau membuka topik dan juga dapat memberikan komentar terhadap suatu topik. 
Bulletin board juga menjadi salah satu alat bisnis. Banyak perusahaan yang memanfaatkan bulletin boards sebagai sarana dan media komunikasi yang efektif untuk mempertahankan relasi yang baik antara perusahaan dan pelanggan. Pelanggan dapat memberikan feedback secara langung dengan memanfaatkan Bulletin board. Pada perkembangannya Bulletin board juga dimanfaatkan oleh banyak orang untuk membangun komunitas dengan fokus ketertarikan bidang minat yang berbeda-beda. Social networking website semacam friendster, facebook ataupun myspace juga tidak kehilangan momen dengan memanfaatkan Bulletin board sebagai salah satu fitur agar penggunanya dapat berbagi informasi kepada pengguna lain.
Pengguna dapat mengakses Bulletin board kapan saja mereka mau dan memberikan respon terhadap suatu topik pembahasan. Hal inilah yang menjadi kekuatan Bulletin board karena dapat menjangkau audience yang lebih luas selain itu mendapatkan respon ataupun feedback yang lebih banyak dan bervariasi sehingga pada akhirnya tanpa kita sadari terjadilah pertukaran informasi antar pengguna.
Beberapa keuntungan yang dapat diambil dengan memanfaatkan Bulletin board antara lain :
1. Dapat menjangkau audience yang lebih luas tanpa terikat waktu karena tidak adanya batasan waktu untuk mengakses Bulletin board dan merespon topik atau komen pada suatu topik pembahasan.
2. Interaksi dengan pengguna adalah keuntungan terbesar menggunakan Bulletin board. Kita dapat berinteraksi sekaligus memperoleh feedback atau respon yang bervariasi dari pengguna.
3. Penyerapan informasi yang lebih baik.. Berbeda dengan chat group, Bulletin board memberi kesempatan kepada pengguna nya untuk memahami pertanyaan lebih lama dan membentuk jawaban terhadap pertanyaan tersebut. Hal ini menguntungkan karena tidak semua orang memiliki proses penyerapan informasi yang sama.
4. Sebagai arsip untuk refrensi pada masa mendatang, selain membuat FAQ (Frequently Asked Question), diskusi yang di arsipkan dapat digunakan oleh pengguna baru sebagain bahan informasi sehingga tidak diperlukan membuat topik pertanyaan yang baru.
Really Simple Syndication (RSS)
RSS adalah salah satu macam dari format Web Feed yang digunakan untuk mempublikasikan informasi yang terus berkembang seperti blog atau headline berita dalam format yang standart. Sebuah dokumen RSS (yang disebut juga “feed”, “web feed” atau “channel”) memberikan data informasi ringkas (summary), headlines atau isi penuh dari sebuah konten lengkap dengan informasi metadata seperti tanggal publikasi dan author. Penggunaan kata RSS dapat mengacu pada bayak format yakni, Really Simple Syndication(RSS 2.0), RDF Site Summary(RSS 1.0 dan RSS 0.90) atau Rich Site Summary(RSS 0.91).
Perkembangan RSS yang cepat di dunia maya telah mengubah cara pandang publisher dalam memuat konten nya. RSS dinilai menguntungkan publisher yakni dengan mengijinkan mereka untuk mensindikasi konten dengan cepat dan otomatis. Selain itu RSS juga memberikan keuntungan bagi pembaca untuk mendapatkan update informasi atau berita dari website favorite atau menggabungkan berbagai feed yang diinginkan menjadi satu. 
Tanpa RSS, kita harus mengecek suatu situs untuk mendapatkan apakah ada berita terbaru dari konten yang diinginkan. Hal ini dirasa terlalu memakan waktu. Dengan menggunakan RSS hal ini dapat dipermudah dengan bantuan RSS agregator (sebuah aplikasi yang berguna untuk mengumpulkan dan membaca RSS)
Berikut adalah beberapa keuntungan yang dapat diperoleh dengan adanya RSS :
1. Dengan RSS kita dapat memilih untuk melihat informasi atau berita terbaru sesuai dengan apa yang ingin kita inginkan.
2. RSS dapat mengurangi waktu untuk dapat segera mengetahui informasi atau berita terbaru.
3. RSS dapat meningkatkan traffik suatu konten atau website.

Elemen RSS 2.0
Root element adalah dan mengandung satu tag dimana di dalamnya dapat terdiri dari banyak elemen . Diagram RSS 2.0 dibagi menjadi 2 bagian, yang pertama adalah level metadata. Pada level ini dapat terdapat elemen untuk extension element dimana pada elemen tersebut kita dapat menambahkan elemen yang kita definisikan sendiri. Gambar  menunjukan struktur umum dari RSS feed sedangkan pada gambar  menunjukkan struktur elemen item dari RSS.
Feed Diagram
Gambar  Feed Diagram
Bagian kedua adalah elemen di dalam elemen pada level metadata.
Elemen pada elemen item
Gambar  Elemen pada elemen item.

PENGERTIAN TELNET

Telnet (Telecommunication network) adalah sebuah protokol jaringan yang digunakan di koneksi Internet atau Local Area Network. TELNET dikembangkan pada 1969 dan distandarisasi sebagai IETF STD 8, salah satu standar Internet pertama. TELNET memiliki beberapa keterbatasan yang dianggap sebagai risiko keamanan.
Apa itu telnet
Telnet adalah aplikasi remote login Internet. Telnet digunakan untuk login
ke komputer lain di Internet dan mengakses berbagai macam pelayanan umum,
termasuk katalog perpustakaan dan berbagai macam database. Telnet
memungkinkan pengguna untuk duduk didepan
komputer yang terkoneksi ke internet dan mengakses komputer lain yang juga
terkoneksi ke internet. Dengan kata lain koneksi dapat terjadi ke mesin lain
di satu ruangan, satu kampus, bahkan setiap komputer di seluruh dunia.
Setelah terkoneksi, input yang diberikan pada keyboard akan mengontrol
langsung ke remote computer tadi. Akan dapat diakses pelayanan apapun yang
disediakan oleh remote machine dan hasilnya ditampilkan pada terminal lokal.
Dapat dijalankan session interaktif normal (login, eksekusi command), atau
dapat diakses berbagai service seperti: melihat catalog dari sebuah
perpustakaan, akses ke teks dari USA today, dan masih banyak lagi service
yang disediakan oleh masing-masing host pada di network.
TELNET menggunakan 2 program, yang satu adalah client (telnet) dan server
(telnetd). Yang
terjadi adalah ada dua program yang berjalan, yaitu software client yang
dijalankan pada
komputer yang meminta pelayanan tersebut dan software server yang dijalankan
oleh komputer
yang menghasilkan pelayanan tadi
Tugas dari client adalah:
. Membuat koneksi network TCP (Transfer Control Protocol) dengan server.
. Menerima inputan dari user
. Menformat kembali inputan dari user kemudian mengubah dalam bentuk format
standard dan dikirim ke server.
. Menerima output dari server dalam format standard.
. Mengubah format output tadi untuk ditampilkan pada layar.
- Menginformasikan software jaringan bahwa komputer itu siap menerima
koneksi.
- Menunggu permintaan dalam bentuk format standard.
- Melaksanakan permintaan tersebut.
- Mengirim kembali hasil ke client dalam bentuk format standard.
- Menunggu permintaan selanjutnya..
Telnet menggunakan koneksi pada Port Destination=23. Untuk interaksi banyak
mesin maka dpat diganbarkan sebagai berikut :
Telnet adalah program yang memungkinkan komputer host Internet anda menjadi
terminal dari komputer host lain di Internet. Dengan ftp anda dapat membuka
koneksi hanya untuk mentransfer file. Telnet memungkinkan anda untuk login
sebagai pemakai pada komputer jarak
jauh dan menjalankan program layanan Internet yang disediakan oleh komputer
tersebut. Telnet menyediakan akses langsung ke beragam layanan di Internet.
Komputer host anda memang menyediakan beragam layanan, namun jika layanan
tersebut tidak ada, anda
bisa menggunakannya melalui Telnet. Misalnya ketika masyarakat Internet
menulis interface untuk membantu pengguna lain, Telnet memungkinkan anda
mengakses host mereka dan menggunakan interface yang mereka buat. Demikian
juga ketika seorang membuat layanan yang bermanfaat, Telnet memungkinkan
anda mengakses sumber daya informasi yang berharga ini.
Cara pengunaan Telnet
Cara penggunaan Telnet ini sangat mudah, anda ketik telnet diikuti dengan
alamat yang ingin anda hubungi bila menggunakan UNIX atau klik icon Telnet
di Windows kemudian pilih menu connect kemudian remote system.
Contoh :
1. Menggunakan UNIX
% telnet well.sf.ca.us
Trying 198.93.4.0…
Connected to well.sf.ca.us.
Escape character is '^]'.
Unix(r) System V Release 4.0 (well)
This is the WELL
Type newuser to sign up.
Type trouble if you are having trouble logging in.
Type guest to learn about the WELL.
If you already have a WELL account, type your username.
Login: |
Jika sudah tersambung berarti sudah berada di terminal pada komputer jarak
jauh tersebut dan bisa berinteraksi dengan program yang tersedia. Telnet
secara diam-diam ada di belakang layar saat anda berinteraksi dengan
komputer jarak jauh tersebut. Dalam kebanyakan kasus, perintah yang perlu
diketahui adalah perintah yang digunakan pada host jarak jauh. Host
kemungkinan menjalankan Unix, meskipun anda juga dapat menjumpai sistem
operasi lain pada server host seperti UMS atau Windows NT. Sebagian besar
sistem, terutama database, menawarkan menu. Apabila menu tidak tersedia,
maka lebih baik amati file bantu (help) yang tersedia. Dapat diketikan ?
atau help atau cukup h untuk mengamati apakah file bantu tersedia. Untuk
mengakhiri sesi Telnet ketik quit atau exit, pada beberapa sistem
menggunakan bye atau off. Bila menggunakan Windows tergantung program yang
digunakan misal WinTel, tinggal click pada Icon program yang bersangkutan
Contoh lain (dengan putty)
bisa menggunakan putty untuk telnet client yang bisa kamu download di
download.com
dan yara penggunaannya mudah
1. tinggal jalankan putty
2. masukan alamat server host
3. pilih telnet dengan default port 32
4. dan klik open
5. kemudian akan muncul halaman hitam dengan 1 cursor dan menu
bertuliskan login :
6. silahkan login dan anda akan masuk ke host yang di tuju
Contoh lain (command windows)
untuk contoh putty di windows command juga cukup mudah
1. masuk ke command windows (pilih start -> run -> ketikan cmd
kemudian enter)
2. di command window ketikan c:\telnet host_tujuan kemudian enter ,
contoh "c:\telnet 192.168.0.1"
3. kemudian ada tulisan : Welcome to Microsoft Telnet Client
Escape Character is 'CTRL+]'
You are about to send your password information to a remote computer
in Internet
zone. This might not be safe. Do you want to send anyway(y/n):
4. pilih saja "n" dan tekan enter
5. setelah itu akan muncul menu login "loginlah dengan acount anda"
6. selesai
semoga bermanfaat 

Pengertian Chatting

Chatting adalah suatu feature / program dalam Internet untuk berkomunikasi langsung sesama pemakai Internet yang sedang online (yang sedang sama-sama menggunakan Internet). Komunikasi bisa berupa teks (text chat) atau suara (voice chat). Anda mengirim pesan dengan teks atau suara kepada orang lain yang sedang online, kemudian orang yang dituju membalas pesan Anda dengan teks atau suara, demikian seterusnya.

Chatting tidak hanya populer kalangan remaja saja namun sekarang ini, sudah merambah kalangan dewasa bahkan orang tua sekalipun. Dengan chatting, kita bebas mengobrol apa saja mulai dari pekerjaan kantor, persahabatan, pelajaran sekolah, mata kuliah, percintaan & perjodohan, sampai dengan hal bersifat pribadi sekali pun. Saking bebasnya kadang-kadang membuat chatter-chatter kebablasan tanpa kontrol yang mungkin dapat membuat chatter lainnya marah dan tersinggung. Walaupun pada saat chatting, tidak terjadi tatap muka secara langsung, namun hal itu seharusnya tidak membuat para chatter meninggalkan etika ketimuran seperti dalam pergaulan pada umumnya. Sehubungan dengan etika dalam chatting, sudah banyak artikel di blog-blog, situs-situs, atau media lainnya yang mengulasnya, namun tidak ada salahnya untuk mengingatkan kembali akan pentingnya hal tersebut, maka pada TIPS DAN TRIK INTERNET kali ini akan memberikan tips tips dan etika yang ada hubungannya dengan chatting.


Sebenarnya kita semua sudah sepakat dan mengetahui etika chatting (walau pun tidak disebutkan secara tertulis), namun kita belum menyadari sepenuhnya untuk mempraktekkannya dengan benar. Nah, etika chatting tersebut antara lain, di bawah ini.

· Harus Sopan, siapa pun partner chatting kita, mengenalnya atau tidak, jangan sampai kita memperlakukan partner chatting dengan tidak sopan, seperti mengetikkan kata-kata porno atau kata-kata yang kasar atau tidak pantas lainnya.

· Jangan memaksakan kehendak, apapun alasan partner chatting sehingga dia tidak mau melayani percakapan dengan kita, kita harus menghormatinya dan tidak boleh memaksanya untuk menjawab atau meladeni percakapan kita.

· Harus Jujur, usahakan untuk menuliskan sesuatu apa pun dengan jujur (kecuali untuk hal-hal yang menyangkut privasi), karena hal ini akan membuat partner chatting kita percaya dan menghargai kita. Yakinlah bahwa sejelek atau seburuk apa pun, jika kita mengatakannya dengan jujur, orang lain akan menghargai kita dengan baik dan mengangkat topi untuk itu. Yang sering kita jumpai (bahkan saya sendiri) adalah sulit untuk mengatakan apa adanya, seperti umur, status, atau perkerjaan.

· Jangan suka mengganggu dan iseng, walaupun partner chatting keliatan online, belum tentu dia mempunyai waktu untuk melakukan chatting dengan kita, siapa tahu dia mempunyai pekerjaan yang memerlukan konsentrasi. Jika demikian, kita tidak boleh mengganggunya atau mengisenginya dengan mengetikkan “BUZZ” terus menerus.

· Jangan pernah membawa SARA, karena hal ini sangat sensitive yang dapat memicu perselisihan dan yakinlah hal ini tidak akan memberi manfaat apa-apa bagi kedua belah pihak.

· Ucapkan salam, tidak ada buruknya jika ucapan salam diterapkan pada saat chatting yang justru dapat menambah suasana keakraban. Pada setiap perjumpaan kita bisa mengetikkan selamat siang, halo, hi, atau senang bertemu Anda kembali, atau jika ingin mengakirinya, bisa mengetikkan selamat tinggal, bye, atau sampai ketemu lagi.

· Jangan menuliskan dengan HURUF BESAR (kapital) karena hal ini mengandung arti teriakan sehingga dapat membuat partner chatting marah atau tersinggung.

· Aktifkan status offline, hal ini dapat menjadi alternative jika Anda sedang sibuk dan tidak ingin “diganggu” chatter lain, dan ini sah-sah saja.

· Jangan terlalu banyak membuka dialog pada saat yang bersamaan, jika Anda tidak ingin dikatakan tidak serius oleh partner chatting Anda, karena harus melayani banyak dialog dengan yang lain. Selain itu, jika sembari menyelesaikan tugas pekerjaan, maka akan sangat mengganggu kelancaran pekerjaan Anda tersebut.

· Jangan lupa minta izin kepada partner chatting, pada saat kita ingin meninggalkan komputer, siapa tahu dia sedang menunggu jawaban dari kita.

· Jika Anda salah masuk room dengan tema yang tidak Anda sukai, jangan sekali-sekali membelokkan tema obrolan sesuai keinginan Anda, kecuali Anda sudah mendapat mandat dari chatter lainnya. Atau lebih baik Anda keluar dari room tersebut.

Selain etika chatting yang telah disebutkan di atas, ada tips chatting lain yang mungkin perlu kita ketahui adalah, antara lain seperti di bawah ini.

· Gunakanlah nickname yang baik dan sopan.

· Jangan menggunakan nama asli sebagai nickname Anda.

· Jangan pernah memberikan alamat dan nomor telepon kepada chatter yang belum Anda kenal sama sekali.

· Jika Anda menggunakan webcam, jangan sembarangan memberi izin kepada chatter yang tidak Anda kenal.

· Jika ingin memview webcam dari partner chatter, harus meminta izin dengan baik-baik kepadanya, kalau pun tidak diizinkan Anda harus menghormatinya.

· Jika harus melakukan copy darat, pastikan Anda tidak sendirian, hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

· Jangan pernah melayani chatter yang menggunakan kata-kata kasar atau tidak sopan.
  
Yahoo! Messenger (sering disingkat "Y!M" atau "YM") merupakan program pengirim pesan instan populer yang disediakan oleh Yahoo!. Awal rilis bernama Yahoo! Pager (9 Maret 1998). Yahoo! Messenger tersedia secara gratis dan dapat diunduh serta diakses menggunakan Yahoo! ID yang biasa digunakan untuk mengakses layanan Yahoo! yang lainnya, seperti Yahoo! Mail. Penggunaan ID ini juga mengakibatkan pengguna dapat langsung diberitahu bila mendapat sebuah e-mail. YM menawarkan berbagai fasilitas koneksi PC-PC, PC-Phone dan PC-to-PC Service, File Transfer, Webcam hosting, text Message service, chat rooms.
Yahoo! telah mengumumkan kerjasama dengan Microsoft untuk bergabung dalam jaringan instant messenger. Hal ini mengakibatkan Yahoo! Messenger dapat berhubungan dengan layanan .NET Messenger milik Microsoft. Layanan ini mulai berfungsi sejak 13 Juli 2006.
Pengertian Newsgroup, newsgroup adalah sebuah wadah atau tempat penyimpanan pesan yang di-posting oleh sekelompok orang yang berada di tempat yang berbeda-beda di seluruh dunia. Dalam pengertian newsgroup, pada dasarnya newsgroup ini merupakan sebuah kelompok diskusi yang berada di dunia maya dengan memanfaatkan fasilitas internet.

Bagi banyak orang terutama orang yang masih awam mungkin tidak begitu paham dengan newsgroup. Karena pada dasarnya newsgroup adalah memang merupakan fasilitas internet yang digunakan oleh sekelompok pengguna internet. Dan bagi mereka yang bukan pengguna newsgroup pun akan sedikit mengalami kebingungan ketika berhadapan dengan newsgroup.


Gambar Pengertian Newsgroup - The Big 8
Gambar Pengertian Newsgroup - The Big 8

Pengertian Newsgroup dan Cara Kerjanya


Secara umum memang pengertian newsgroup ini sedikit mirip dengan forum-forum diskusi lainnya yang ada di internet. Hanya saja penggunaannya secara teknis sedikit agak berbeda. Newsgroup biasanya dimiliki oleh perusahaan atau instansi tertentu. Dan penggunaannya diperuntukkan khusus bagi para anggotanya ataupun para pelanggannya. Sebuah instansi atau perusahaan biasanya akan memiliki sebuah server sendiri khusus untuk menampung newsgroup mereka. Atau bisa juga menyewa sebuah newsgroup yang dimiliki oleh instansi lain. Namun ada juga perusahaan atau instansi yang juga menyewakan newsgroup mereka kepada para pengguna lain.

Jadi fungsi newsgroup adalah membantu mengelompokkan berita, yang sangat berguna bagi bagi kelompok berita tertentu. Mereka bisa saling berbagi berita atau pesan dalam newsgroup. Sehingga berita atau pesan ini dapat diakses juga oleh anggota atau pengguna newsgroup dalam satu server tersebut dengan mudah.


Pengertian Newsgroup dan Pengelompokannya


Seperti yang telah diketahui dalam pengertian newsgroup, newsgroup berisi berita ataupun pesan dari penggunanya. Di dalam newsgroup berita ini akan dikelompokkan dalam beberapa kategori atau hirarki. Tujuan dari adanya pengaturan pengelompokan hirarki ini adalah untuk mempermudah pengaturan dan mempermudah penyimpanan berita. Ada banyak hirarki yang telah ada. Namun yang terpopuler ada 8 hirarki, atau yang sering disebut sebagai “The Big 8”.


Pengertian Newsgroup The Big 8


Delapan kategori kelompok atau hirarki yang paling populer dalam newsgroup adalah:

  1. comp.* - Untuk diskusi topik yang berhubungan dengan komputer.
  2. news.* - Untuk diskusi tentang usenet sendiri.
  3. sci.* - Untuk diskusi topik yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan.
  4. rec.* - Untuk diskusi topik yang berhubungan dengan rekreasi, kesenangan, atau hobi.
  5. soc.* - Untuk diskusi topik yang berhubungan dengan masalah-masalah kemasyarakatan.
  6. talk.* - Untuk diskusi topik yang berhubungan dengan politik dan agama.
  7. misc.* - Untuk diskusi topik yang tidak termasuk dalam kategori di atas.
  8. humanities.* - Untuk diskusi topik yang berhubungan dengan filsafat, literatur, dll.


Pengertian Newsgroup dan Sejarahnya


Sejarah pengertian newsgroup, khususnya mengenai hirarki bermula ketika pada awal penggunaan newsgroup ini semua berita masuk ke dalam sebuah hirarki yang bernama net.* yang berisi berbagai jenis berita. Kemudian pada tahun 1986-1987 terjadi sebuah penamaan atau pengelompokan secara lebih detail untuk mempermudah pemilahan jenis berita. Pengelompokan ini menciptakan 7 hirarki yang dinamakan “The Big 7” (comp.* news.* sci.* rec.* soc.* talk. * misc.*).

The Big 7 dijalankan oleh sebuah kelompok atau komunitas yang bernama “Usenet”. Dan dalam perkembangannya ada topik-topik semacam obat-obatan, resep, dan seks yang ternyata tidak diperbolehkan dimasukkan kelompokkan The Big 7. Maka sebagai jalan keluarnya dibuatlah sebuah hirarki baru yaitu alt.*

Pada tahun 1995 karena dibuatlah sebuah hirarki baru yang dinamakan humanities.* yang berisi berita atau bahasan mengenai filsafat, literatur, humaniora, dll. Dan seiring perkembangannya humanities.* semakin populer dan banyak digunakan. Sehingga akhirnya humanities.* ini masuk dalam kelompok The Big 7, yang lalu disebut sebagai “The big 8”.


Pengertian Newsgroup dan Hirarki Selain "The Big 8"

Dalam pengertian newsgroup, selain The Big 8 masih ada banyak hirarki newsgroup lainnya yang mulai bermunculan. Namun penggunaan hirarki lain ini memang tidak sebesar The Big 8. Hirarki-hirarki lain tersebut diantaranya adalah : cn.* (Newsgroup China), de.* (Newsgroup Jerman), uk.* (newsgroup United Kingdom / Inggris), fr.* (Newsgroup Perancis),dan masih ada banyak lagi lainnya. 
    
Pengertian Email atau E-mail dapat kita ketahui dari kepanjangan Email itu sendiri. Dan kata Email atau E-mail adalah singkatan dari kata Electronic Mail atau bisa kita terjemahkan Surat Elektronik atau biasa disingkat Surel.

Fungsi Email adalah sarana untuk kirim mengirim Surat atau data berupa File Text, File Video, File Audio, File Gambar/Foto melalui jalur Internet atau Online. Yang bisa di akses melalui Komputer, Laptop, Smartphone (Android, Blackberry) dgn catatan terkoneksi dengan jaringan Internet.

Layanan Email sendiri sudah banyak tersedia di Internet, ada Layanan Email Gratis maupun juga ada Layanan Email Berbayar. Untuk mengetahui Daftar Layanan Email Berbayar atau Daftar Layanan Email Gratis anda bisa kunjungi artikel PHUTRANET dibawah ini :
Tapi sebagai pemula atau baru yang mengenal Dunia Internet seperti Phutranet cukup menggunakan Layanan Email Gratis seperti Yahoo, Gmail, Hotmail, Dan lain-lain. Atau lebih jelasnya lihat Daftar Layanan Email Gratis pada Link diatas.

Sebagai contoh Layanan Email Gratis yang PHUTRANET punya seperti dibawah ini :
  • phutranet@gmail.com
  • phutranet@yahoo.com
  • phutranet@mail.com
Untuk mendapatkan atau mendaftar Layanan Email Gratis seperti Email diatas sangat mudah Sobat Blogger bisa membaca Artikel PHUTRANET dibawah ini :
Dari penjelasan diatas mungkin Sobat Blogger Sudah paham atau masih sedikit paham tentang Pengertian Email Dan Fungsinya . Dan jangan lupa baca juga Artikel PHUTRANET tentang Istilah Istilah Dalam Email Serta Penjelasannya. agar pengetahuan sobat lebih luas lagi terutama tentang Email.

Dan barangkali Sobat Blogger Ada yang mau di tanyakan, Silahkan tinggalkan Komentar pada Form dibawah ini dan saya ucapkan banyak terima kasih dan Salam Blogger . . . - See more at: http://phutranet.blogspot.com/2013/03/pengertian-email-dan-fungsinya.html#sthash.jYbKHl3z.dpuf
    
Pengertian Email atau E-mail dapat kita ketahui dari kepanjangan Email itu sendiri. Dan kata Email atau E-mail adalah singkatan dari kata Electronic Mail atau bisa kita terjemahkan Surat Elektronik atau biasa disingkat Surel.

Fungsi Email adalah sarana untuk kirim mengirim Surat atau data berupa File Text, File Video, File Audio, File Gambar/Foto melalui jalur Internet atau Online. Yang bisa di akses melalui Komputer, Laptop, Smartphone (Android, Blackberry) dgn catatan terkoneksi dengan jaringan Internet.

Layanan Email sendiri sudah banyak tersedia di Internet, ada Layanan Email Gratis maupun juga ada Layanan Email Berbayar. Untuk mengetahui Daftar Layanan Email Berbayar atau Daftar Layanan Email Gratis anda bisa kunjungi artikel PHUTRANET dibawah ini :
Tapi sebagai pemula atau baru yang mengenal Dunia Internet seperti Phutranet cukup menggunakan Layanan Email Gratis seperti Yahoo, Gmail, Hotmail, Dan lain-lain. Atau lebih jelasnya lihat Daftar Layanan Email Gratis pada Link diatas.

Sebagai contoh Layanan Email Gratis yang PHUTRANET punya seperti dibawah ini :
  • phutranet@gmail.com
  • phutranet@yahoo.com
  • phutranet@mail.com
Untuk mendapatkan atau mendaftar Layanan Email Gratis seperti Email diatas sangat mudah Sobat Blogger bisa membaca Artikel PHUTRANET dibawah ini :
Dari penjelasan diatas mungkin Sobat Blogger Sudah paham atau masih sedikit paham tentang Pengertian Email Dan Fungsinya . Dan jangan lupa baca juga Artikel PHUTRANET tentang Istilah Istilah Dalam Email Serta Penjelasannya. agar pengetahuan sobat lebih luas lagi terutama tentang Email.

Dan barangkali Sobat Blogger Ada yang mau di tanyakan, Silahkan tinggalkan Komentar pada Form dibawah ini dan saya ucapkan banyak terima kasih dan Salam Blogger . . . - See more at: http://phutranet.blogspot.com/2013/03/pengertian-email-dan-fungsinya.html#sthash.jYbKHl3z.dpuf
    
Pengertian Email atau E-mail dapat kita ketahui dari kepanjangan Email itu sendiri. Dan kata Email atau E-mail adalah singkatan dari kata Electronic Mail atau bisa kita terjemahkan Surat Elektronik atau biasa disingkat Surel.

Fungsi Email adalah sarana untuk kirim mengirim Surat atau data berupa File Text, File Video, File Audio, File Gambar/Foto melalui jalur Internet atau Online. Yang bisa di akses melalui Komputer, Laptop, Smartphone (Android, Blackberry) dgn catatan terkoneksi dengan jaringan Internet.

Layanan Email sendiri sudah banyak tersedia di Internet, ada Layanan Email Gratis maupun juga ada Layanan Email Berbayar. Untuk mengetahui Daftar Layanan Email Berbayar atau Daftar Layanan Email Gratis anda bisa kunjungi artikel PHUTRANET dibawah ini :
Tapi sebagai pemula atau baru yang mengenal Dunia Internet seperti Phutranet cukup menggunakan Layanan Email Gratis seperti Yahoo, Gmail, Hotmail, Dan lain-lain. Atau lebih jelasnya lihat Daftar Layanan Email Gratis pada Link diatas.

Sebagai contoh Layanan Email Gratis yang PHUTRANET punya seperti dibawah ini :
  • phutranet@gmail.com
  • phutranet@yahoo.com
  • phutranet@mail.com
Untuk mendapatkan atau mendaftar Layanan Email Gratis seperti Email diatas sangat mudah Sobat Blogger bisa membaca Artikel PHUTRANET dibawah ini :
Dari penjelasan diatas mungkin Sobat Blogger Sudah paham atau masih sedikit paham tentang Pengertian Email Dan Fungsinya . Dan jangan lupa baca juga Artikel PHUTRANET tentang Istilah Istilah Dalam Email Serta Penjelasannya. agar pengetahuan sobat lebih luas lagi terutama tentang Email.

Dan barangkali Sobat Blogger Ada yang mau di tanyakan, Silahkan tinggalkan Komentar pada Form dibawah ini dan saya ucapkan banyak terima kasih dan Salam Blogger . . . - See more at: http://phutranet.blogspot.com/2013/03/pengertian-email-dan-fungsinya.html#sthash.jYbKHl3z.dpuf

Pengertian E-Mail

E-Mail (Electronic Mail) adalah sebuah fasilitas komunikasi dalam Internet yang berfungsi mengirim surat secara elektronik yang dapat menjangkau ke seluruh dunia. Dibandingkan dengan surat biasa, e-mail mempunyai keunggulan yang lebih aman serta tidak membedakan jarak dan waktu. Secara garis besar, E-mail dapat dibedakan menjadi dua, yaitu e-mail berbasis SMTP/POP dan e-mail berbasis web. Berikut Penjelasan dari E-Mail berbasis SMTP/POP dan E-Mail berbasis Web :

1. E-mail Berbasis SMTP/POP

E-mail berbasis SMTP/POP (Simple Mail Transfer Protocol/Post Office Protocol) adalah e-mail yang menggunakan server SMTP/POP, yaitu komputer yang dapat mengirim e-mail dari pengguna ke alamat e-mail yang dituju dan sebaliknya. Agar dapat menggunakan fasilitas e-mail pada server SMTP/POP, pemakai harus mempunyai account di server SMTP/POP. Selain itu, pemakai juga harus menggunakan software mail client untuk membaca dan mengirim e-mail dari dan ke server SMTP/POP. Apabila server telah menyediakan layanan Telnet, maka pengguna dapat masuk ke mesin server, kemudian menjalankan software mail client pada server. Namun jika server tidak menyediakan layanan Telnet, maka pengguna harus memiliki software mail client seperti Ms Outlook, Eudora, Ms Outlook Express, Pegasus, dan Netscape Communicator. Agar dapat menggunakan software mail client, pengguna harus melakukkan setting atau pengaturan beberapa informasi, seperti nama (alamat IP) server SMTP/POP, nama user (user name/user ID), dan password pada server e-mail.

Pada server SMTP/POP, semua e-mail yang dikirim ke pengguna dan telah memiliki account di server akan disimpan dalam sebuah direktori. Kemudian, saat pengguna menghubungi server, semua e-mail yang ditujukan kepadanya akan dikirim ke komputer client. Sebaliknya, saat pengguna ingin mengirim e-mail ke suatu alamat e-mail, maka e-mail tersebut akan dikirim ke server SMTP/POP dan selanjutnya akan diteruskan ke alamat yang dituju.

2. E-Mail Berbasis WEB

E-mail berbasis Web berbeda dengan e-mail berbasis POP. Pada E-mail berbasis Web, pengguna tidak perlu memiliki account POP pada server SMTP/POP karena akses e-mail dilakukkan melalui Web Mail dengan menggunakan browser. Di internet, kita dapat menggunakan situs yang menyediakan layanan e-mail (webmail) gratis seperti : Yahoo (mail.yahoo.com), Google (Gmail.google.com), Hotmail (www.hotmail.com), dll.

Selain E-mail gratis, juga terdapat e-mail langganan melalui ISP (Internet Service Provider), seperti indonet.com, telkomspeedy.com, wasantara.com, elganet.com, dan lain-lain. Namun, biasanya e-mail dari ISP merupakan e-mail berbasis SMTP/POP
 pengertian email


Pengertian dan Istilah Address Book adalah - Sebuah buku alamat yang bisa digunakan untuk menyimpan semua alamat E-Mail.
 Email bagi kalangan netter pasti bukanlah hal yang asing. Email juga bisa dibilang sebagai sesuatu yang harus dimiliki karena komunikasi akan dapat berjalan lancar apabila kita memiliki akun email. Entah itu Yahoo (Yahoomail) maupun google (gmail) dan masih banyak lagi penyedia email gratis tanpa bayar.

Pada prinsipnya email berguna untuk kirim mengirim surat melalui internet. Cara pengiriman email ada beberapa hal yang dapat dilakukan, yaitu :

  • Mengirimkan email kepada satu orang penerima
  • Mengirimkan email untuk beberapa penerima sekaligus
  • Mengirimkan email kepada seseorang/beberapa orang penerima sekaligus dan juga mengirimkannya sebagai terusan/tembusan untuk penerima lain
Untuk cara yang pertama itu sudah menjadi hal yang biasa dan banyak yang orang yang bisa melakukannya. Sedangkan cara kedua dan ketiga, memerlukan beberapa pengaturan ketika kita hendak mengirimkan email.
Ketika kita hendak mengirim email sudah pasti kita disuruh untuk melengkapi isian yang tertera di form email, diantaranya yaitu kepada siapa email itu akan dikirim (kolom To:), Judul email (Subject) dan cc: serta Bcc:.
Kolom To dan kolom Subject pasti anda sudah mengerti cara mengisinya. Tetapi untuk cc dan Bcc, hal ini sering terabaikan. Wajar saja karena kita belum tau apa itu cc: dan Bcc:.
Baiklah pada kesempatan ini akan saya coba jelaskan sedikit tentang apa itu cc dan Bcc: serta kegunaanya.
Cc: adalah kependekan dari Carbon Copy, maksudnya adalah salinan email kepada penerima lain. Agar lebih jelas, saya uraikan dengan ilustrasi seperti ini :

Misalkan Saya mau berkirim email kepada dua penerima yaitu Ali dan Budi, maka Ali adalah penerima utama sedangkan Budi sebagai penerima kedua. Ali mengetahui bahwa Budi juga menerima email dari saya. Demikian pula sebaliknya. Dalam kasus ini fungsi cc: digunakan, caranya dengan menuliskan alamat email Ali ditulis di kolom To: dan alamat email Budi ditulis di kolom cc:. Mungkin sampai di sini anda sudah mulai faham dengan cc. Berikutnya kita lanjutkan pembahasan tentang Bcc:.

Bcc adalah kepandekan dari blind carbon copy. Berbeda dengan cc, Bcc berfungsi untuk mengirim email kepada banyak penerima, tetapi masing-masing penerima tidak mengetahui kepada siapa saja email itu dikirim. Sehingga bagi penerima beranggapan bahwa dialah satu-satunya orang yang menerima email.
Misalnya Saya akan berkirim email kepada Ely dan Nina. Maka Eli saya tulis di kolom To: sedangkan Nina di kolom Bcc:.

Setelah email diterima maka Eli menganggap bahwa dialah satu-satunya orang yang dapat email dari saya. Nina juga sama, menganggap bahwa dialah satu-satunya orang yang dapat email dari saya.
Nah sampai di sini dulu penjelasan tentang cc: dan Bcc:, mudah-mudahan dapat menambah pengetahuan anda tentang email dan mulai berani menggunakan fasilitas cc dan Bcc.
Semoga Artikel ini bermanfaat bagi Anda.....

Pengertian Hoax

hoax adalah usaha untuk memperdaya orang-orang agar mempercayai sesuatu yang salah adalah benar.
Hoax adalah email peringatan, nasehat palsu, berita bohong atau berita palsu yang biasanya diakhiri dengan himbauan agar menyebarkannya seluas-luasnya!
Hoax beredar di mana saja: email, bulettin friendster, Yahoo Messenger, bahkan SMS.
Dalam urutan ‘penyampah internet’, menurutku hoax berada setingkat lebih parah daripada spam. Orang membuat spam untuk sekedar mencari makan, mungkin untuk anak-istrinya atau keluarganya. Sedangkan orang membuat hoax tak lain hanyalah untuk kepuasan pribadi : berhasil membohongi orang banyak. (Junk mail tergolong sampah jinak).
Membuat hoax tidak menjadikan seseorang mendapatkan keuntungan apapun, kecuali kesenangan semu karena ‘hasil karya’nya beredar luas di internet. Sementara itu, ribuan bahkan jutaan orang yang bekerja pada industry yang berkaitan mengalami kerugian karena productnya tiba-tiba saja tidak laku. Sementara ribuan orang yang lain mengalami kecemasan (fraud) akibat membaca HOAX tersebut. Oleh karena itu dalam menerima informasi hendaknya dilakukan Cross-Check terlebih dahulu terhadap kebenaran isi pesan tersebut, jangan langsung percaya, apalagi langsung memforwardnya & yang paling penting, memakai logika or nalar kita.
Hoax itu bisa juga di SMS, misalnya seperti pada hari raya, lalu anda mendapatkan sms yang berisi kata2 serta dibilang jika tidak melanjutkan memforwardnya maka anda akan terkena sial, tapi jika anda memforwardnya minimal kebeberapa nomor, maka anda akan mendapatkan pahala, lalu disertai kesaksian2 bahwa si A kena sial karena tidak memforward, lalu si B dapet pahala karena memforward & Yang diuntungkan jelas provider karena akan ada rantai bercabang terus menerus.
Hoax tidak harus berhubungan dengan dunia komputer, boleh kesehatan, keuangan, kemanusiaan, atau bahkan tentang cuaca. Bisa jadi yang sepele tapi setiap hari digunakan orang, & tujuannye buat nakut2in orang, ciri2nye yaitu dengan membuat keyakinan pembaca agar seperti beneran & logis contohnye yaitu dengan menggunakan istilah2 ilmiah, mencampurkan informasi yang benar & kebohongannya, memberikan data-data berupa angka, menambahkan alamat kantor berita di internet, memberikan “Solusi” yang ngga kalah gebleknye, menambahkan kata-kata ajaib dengan memberikan kesaksian palsu, & memberikan efek forward misalnye seperti boleh dapet dari millis yang berkaitan, kalangan eksklusif, & atau dari profesional or para ahli. Intinye bikin gossip yang bikin orang pade percaya!
Dewasa ini kita seringkali menerima email yang memperingatkan akan adanya ancaman dari suatu virus komputer, atau warning sejenis lainnya. Namun demikian, seringkali warning ini tidaklah benar adanya, melainkan sekedar ingin membuat orang menjadi cemas dan panik. Warning semacam ini diistilah sebagai “HOAX“. Hoax didefinisikan sebagai berita palsu yang memanfaatkan iktikad baik pembaca, sehingga berita tersebut disebarluaskan sehingga lalu lintas peredaran data di internet menjadi makin padat.
Ciri-ciri :
1. Didistribusikan via email, & seringkali memanfaatkan media mailing list.
2. Isinya berisi pesan yang membuat cemas, panik para pembacanya.
3. Diakhiri dengan himbauan agar si pembaca segera memforwardkan warning tsb. ke forum yang lebih luas.
4. Biasanya pengirim awal hoax ini tidak diketahui identitasnya.
Terus bagaimana donk ?
Ya jika sudah dewasa berarti sudah mampu donk membaca ciri-ciri mana yang HOAX atau bukan ! Jangan percaya sampah.
- See more at: http://senirupa.itb.ac.id/antosan/?page_id=367#sthash.ucik6OP9.dpuf
 
nia.blogspot.com

Sejak itu, film hoax dianggap sebagai film yang banyak mengandung kebohongan, sehingga kemudian banyak kalangan terutama para netter yang menggunakan istilah hoax untuk menggambarkan suatu kebohongan, lambat laun, penggunaan kata hoax di kalangan netter makin gencar. Bahkan kabarnya kata hoax digunakan oleh netter di hampir seluruh belahan dunia, termasuk Indonesia
 Sumber 
 Pengertian VOIP
VOIP singkatan dari Voice Over Internet Protocol atau biasa disebut digital phone merupakan salah satu bagian dari teknologi transmisi untuk mentransmisikan komunikasi suara melalui IP, seperti internet ataupun packet-switched networks. Dengan menggunakan VoIP, kita dapat melakukan panggilan telepon melalui koneksi internet, tidak lagi menggunakan saluran telepon konvensional yang melakukan transmisi secara analog. Beberapa layanan VoIP hanya bisa di gunakan untuk melakukan panggilan ke orang lain yang menggunakan layanan yang sama. Tetapi ada juga layanan VoIP yang dapat melakukan panggilan kepada siapa saja melalui nomor telepon, lokal, jarak jauh, mobile phone bahkan nomor internasional.

Cara kerja VOIP
VoIP mengkonversikan atau mengubah suara anda yang merupakan sinyal analog menjadi sinyal digital yang ditransmisikan melalui internet. Tidak seperti telepon konvensional yang mentransmisikan suara anda menggunkan sinyal listrik melalui kabel. VoIP dapat digunakan langsung melalui komputer, telepon khusus VoIP ataupun pesawat telepon konvensional yang tersambung menggunakan alat khusus yang dinamakan VoIP adapter.

Secara garis besar layanan VoIP dapat dibagi menjadi 4, yaitu :
1. Computer to Computer
Layanan ini merupakan layanan voice call yang menggunakan komputer sebagai alat komunikasi. Dengan menggunakan layanan khusus di internet kita bisa menggunakan komputer kita yang telah terhubung dengan internet untuk melakukan panggilan ke komputer lain yang menggunakan layanan yang sama. Banyak penyedia layanan VoIP di internet. Salah satu layanan yang mendukung panggilan suara melalui internet adalah Yahoo messenger. Dengan menggunakan Yahoo messenger kita bisa melakukan voice call dengan sesama user. Begitu juga penyedia layanan lainnya, seperti MSN messenger ataupun Skype. Layanan VoIP computer to computer dapat dilakukan secara gratis, anda hanya cukup menyediakan koneksi internet pada komputer anda.

2. Computer to Phone
Layanan ini merupakan layanan yang memungkinkan kita melakukan panggilan dari komputer ke telepon, baik itu telepon tetap (PSTN) ataupun mobile phone (handphone). Layanan ini juga membutuhkan penyedia layanan di internet. Salah satu penyedia layanan ini adalah Skype. Layanan ini juga tidak gratis seperti layanan computer to computer VoIP, layanan ini membutuhkan biaya yang harus dibeli terlebih dahulu (sistem prabayar). Cara menggunakan layanan ini juga tidak sulit. Pertama, kita harus memiliki account di penyedia layanan terkait, biasanya membuat account tidak di pungut biaya. Lalu kita membeli credit atau bisa juga disebut pulsa, yang nantinya akan digunakan untuk melakukan panggilan ke telepon. Panggilan yang dilakukan tidak hanya ke nomor telepon lokal, namun panggilan dapat dilakukan untuk menghubungi nomor internasional di seluruh dunia. Dan juga, kita dapat melakukan panggilan baik ke telepon tetap ataupun handphone. Tarif yang digunakan mengacu pada penyedia layanan.

3. Phone to Computer
Layanan VoIP call ini merupakan layanan yang memungkinkan anda melakukan panggilan dari telepon ke komputer. Lagi-lagi penyedia layanan yang mendukung layanan ini salah satunya adalah Skype. Saat kita mempunyai account skype, kita juga dapat mempunyai apa yang di sebut Online Number. Online number inilah yang nantinya dapat di hubungi dari telepon manapun.

4. Phone to Phone
Layanan dilakukan dengan menggunakan pesawat telepon khusus atau telepon konvensional yang di hubungkan dengan VoIP adapter. Untuk menggunakan layanan ini kita harus menggunakan penyedia layanan phone to phone VoIP. Salah satu penyedia layanan ini adalah Phone Power. Dengan layanan ini kita dapat melakukan panggilan kemana pun diseluruh dunia yang menggunakan alat yang mendukung.  

PENGERTIAN GOPHER



Protokol Gopher
Gopher adalah aplikasi yang dapat mencari maklumat yang ada di Internet, tetapi hanya “text base” saja, atau berdasarkan teks.Untuk mendapatkan maklumat melalui Gopher, kita harus menghubungkan diri dengan Gopher server yang ada di Internet. Gopher merupakan protocol yang sudah lama dan saat ini sudah mulai di tinggalkan karena penggunaannya tidak sesedeharna HTTP.
Gopher
Gopher adalah aplikasi perangkat lunak yang tesusun atas untaian menu sistem pencarian dan penemuan kembali. Situs Gopher adalah komputer yang menampilkan menu-menu yang mewakili data dan informasi yang tersedia. Secara mendasar, menu-menu ini adalah daftar isi untuk mengolah dan menunjuk ke sebuah informasi tertentu. Layanan ini menggunakan FTP untuk pertukaran file dan Telnet untuk koneksi dengan server tertentu. (http://faculty.petra.ac.id/dwikris/docs/desgrafisweb/www/3-fasilitas_internet.html)
Gopher adalah aplikasi yang dapat mencari maklumat yang ada di internet, tetapi hanya “text base” saja, atau berdasarkan teks. Untuk mendapatkan maklumat melalui gopher, ita harus menghubungkan diri dengan Gopher server yang ada di internet. Gopher merupakan protocol yang sudah lma dan saat ini mulai ditinggalkan karena penggunaannya tidak sesederhana HTTP. (http://www.kimia-chem.co.cc/2009/09/jawaban-tugas-puskim.html)
Gopher, kata ini diambil dari sebuah tim atletik The Golden Gopher pada sebuah universitas di Amerika yaitu Minnesota, atau ada yang mengartikan “go for” yang berarti mengambil. Gopher merupakan program pencari informasi yang hanya berbasiskan teks saja. Karena berbasiskan teks saja maka pencarian informasi dapat berlangsung dengan cepat. (http://zulfikri.orgfree.com/pengenalan_internet.html)
Menurut kak Sunardi, Gopher adalah:
Protokol publikasi informasi berbasis karakter yang menggunakan menu untuk mengakses teks. Menempatkan informasi yang disimpan pada internet servers dengan menggunakan hirarki menu. intinya sih mirip dengan protocol telnet (23) yang ketika diakses hanya berbasis text dan kalo contoh aplikasinya seperti system tampilan pada banyak perangkat seperti modem, router dll. ketika diremote. Beda gopher dengan web adalah gopher tidak bisa menampilkan gambar, melainkan hanya teks dan merupakan salah satu sistem yang (dulunya) ada di inet.
Gopher menggunakan port 70. sedangkan Http menggunakan port 80.

1. Address
   Address yang arti harafiahnya adalah alamat, pada teknologi e-mail biasanya berarti alamat e- mail yang Anda miliki. Alamat e-mail memiliki format penulisan yang sudah ditetapkan pada standar RFC 822, di mana alamat e-mail diawali dengan nama alias, diikuti dengan tanda “@” (baca et) dan diakhiri dengan penamaan domain yang sudah terdaftar.
     Nama alias biasanya adalah nama lengkap Anda yang disingkat, atau nama julukan Anda, atau nama apapun yang Anda suka. Tanda “@” mutlak harus berada antara nama alias dengan nama domain. Sedangkan penamaan domain harus menggunakan nama domain yang sudah terdaftar
 

    
Pengertian Email atau E-mail dapat kita ketahui dari kepanjangan Email itu sendiri. Dan kata Email atau E-mail adalah singkatan dari kata Electronic Mail atau bisa kita terjemahkan Surat Elektronik atau biasa disingkat Surel.

Fungsi Email adalah sarana untuk kirim mengirim Surat atau data berupa File Text, File Video, File Audio, File Gambar/Foto melalui jalur Internet atau Online. Yang bisa di akses melalui Komputer, Laptop, Smartphone (Android, Blackberry) dgn catatan terkoneksi dengan jaringan Internet.

Layanan Email sendiri sudah banyak tersedia di Internet, ada Layanan Email Gratis maupun juga ada Layanan Email Berbayar. Untuk mengetahui Daftar Layanan Email Berbayar atau Daftar Layanan Email Gratis anda bisa kunjungi artikel PHUTRANET dibawah ini :
Tapi sebagai pemula atau baru yang mengenal Dunia Internet seperti Phutranet cukup menggunakan Layanan Email Gratis seperti Yahoo, Gmail, Hotmail, Dan lain-lain. Atau lebih jelasnya lihat Daftar Layanan Email Gratis pada Link diatas.

Sebagai contoh Layanan Email Gratis yang PHUTRANET punya seperti dibawah ini :
  • phutranet@gmail.com
  • phutranet@yahoo.com
  • phutranet@mail.com
Untuk mendapatkan atau mendaftar Layanan Email Gratis seperti Email diatas sangat mudah Sobat Blogger bisa membaca Artikel PHUTRANET dibawah ini :
Dari penjelasan diatas mungkin Sobat Blogger Sudah paham atau masih sedikit paham tentang Pengertian Email Dan Fungsinya . Dan jangan lupa baca juga Artikel PHUTRANET tentang Istilah Istilah Dalam Email Serta Penjelasannya. agar pengetahuan sobat lebih luas lagi terutama tentang Email.

Dan barangkali Sobat Blogger Ada yang mau di tanyakan, Silahkan tinggalkan Komentar pada Form dibawah ini dan saya ucapkan banyak terima kasih dan Salam Blogger . . . - See more at: http://phutranet.blogspot.com/2013/03/pengertian-email-dan-fungsinya.html#sthash.jYbKHl3z.dpuf

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "tugas kkpi"

Post a Comment